Sunday, March 18, 2012

Inilah BanTerbaik Sesuai dengan Musim


Ban menimbulkan berbagai pengaruh terhadap kendararaan, antara lain pengendalian, daya cengkram, kenyamanan, suara, efisiensi bahan bakar dan  daya tahan biaya operasional. Pilihan ban yang tepat seharus sesuai dengan kondisi jalan, mobil serta gaya mengemudi.

Berikut beberapa ban yang bisa dijadikan referensi yang diperoleh berdasarkan  hasil ujicoba yang dilakukan salah satu media konsumen di Amerka Serikat, Consumer Reports.  Parameter pengujian terdiri dari pengereman di lintasan kering dan basah, pengendalian dan stabilitas,hydroplanning, daya cengkram dan pengereman di lintasan bersalju, kenyamanan berkendara, tingkat kebisingan, hambatan gesek (rolling resistance) dan keausan telapak. 
Semua MusimKategori ini biasanya merupakan standar yang digunakan produsen mobil yang merupakan kombinasi ideal pilihan mereka untuk kondisi jalan kering dan basah.  Faktor kenyaman juga sudah dipertimbangkan. Empat merek  terbaik dari katergori ini adalah:
1. Continental ProContact EcoPlus+ (82 poin)
2. Michelin Energy Saver A/S (82 poin)
3. Hankook Optimo H727 (82 poin)
4. Goodyear Assurance Triple Tred (80 poin)
Performa Semua Musim Kelas ini setingkat di atas ban semua musim, dirancang khusus untuk  konsumen yang ingin mendapatkan pengendalian lebih baik terutama saat melakukan manuver di tikungan cepat. Daya cengkaram dan rem cukup diperhitungkan dan plihan adalah sebagai berikut:
1. Michelin Primacy MXV4 (84 poin)
2. Michlein Pilot Exalto A/S (84 poin)
3. Nokian WR G2 (80 poin)
4. Bridgestone Turanza Serenity (80 poin)
Performa Ultra Tinggi Semua Musim Di grup ini dipilih ban yang memiliki tapak khusus untuk bisa beradaptasi dengan lintasan salju ringan. Dari hasil pengujian tercatat hasil yang kurang baik untuk kondisi kering dan basah yang merupakan kompromi dari pilihan jenis dan bentuk telapak. Terplih sebagai berikut:
1. Pirelli P Zero Nero All Season (80 poin)
2. Cooper Zeon RS3-A (80 poin)
3. Sumitomo HTR A/S PO1 (80 poin)
Performa Ultra TinggMusim Panas Klasifikasi ini bukan  jalanan bersalju.  Performa yang dihasilkan pada kondisi kering dan basah tergolong baik. Pilihannya:
1. Michelin Pilot Super Sport (90 poin)
2. Goodyear Eagle F1 Asymmetric (82 poin)
3. Dunlop SP Sport Maxx GT (82 poin)
4. Michelin Pilot Sport PS2 (82 poin)
Musim DinginBan ini diproduksi untuk digunakan pada  musim dingin dan bisa beradaptasi di lintasan es dan salju.
1. Michelin X-Ice XI 2 (84 poin)
2. General Altimax Arctic (78 poin)
Performa Musin Dingin WinterUntuk musim dingin, ban kategori ini sangat dianjurkan karena mampu menghasilkan  daya cengkram yang baik di lintasan es dan salju serta  tetap nyaman. Efeknya, tipe ini tidak memiliki umur yang panjang seperti ban biasa dan hanya cocok untuk musim dingin. Makanya saat dilakukan tes pada kondisi normal,  hasil kurang menggembirakan.
1. Nokian WR G2 (76 poin)
2. Hankook Winter Icept Evo (76 poin)
3. Michelin Pilot Alpin PA3 (76 poin)
Kompas.com

No comments:

Post a Comment