Sunday, March 18, 2012

Langkah Membersihkan Busi 'Tunggangan' Anda


image

BUSI merupakan salah satu komponen pada motor yang berfungsi untuk memberi percikan bunga api pada pembakaran. Bagi Anda yang mengandalkan motor sebagai tunggangan andalan untuk beraktifitas sehari-hari, tiba-tiba secara tidak terduga menjumpai tunggangan Anda macet saat Anda berusaha untuk menghidupkannya, bisa jadi busi motor Anda kotor.
Jika kendaraan pada saat di stater kendaraan tersebut tidak mau hidup, berarti hal tersebut bisa terjadi pada pengapian terlalu kecil atau tidak ada pengapian. Kalau begitu kita harus membersihkan businya, supaya pengapian kembali normal. Seperti halnya komponen-komponen lainnya dalam motor yang perlu untuk diservice secara teratur, busi juga perlu dirawat. Kebersihan pada busi perlu dijaga, karena pada kepaa busi tersebut tersimpan kotoran-kotoran sisa pembakaran, yang menyebabkan pembakaran nantinya tidak sempurna karena terhambat kotoran tersebut.
Lalu bagaimanakah langkah yang tepat untuk membersihkan busi? CyberNews Gaya Otomotif akan membahasnya untuk Anda.

  • 1. Sediakan kunci busi, kemudian bukalah busi Anda. Sediakan pula sikat kawat dan bensin.
  • 2. Bersihkan penimbunan arang dikepala busi yang menghalangi percikan bunga api pakai sikat kawat dengan bensin.
  • 3. Lalu setel jarak celah busi dengan jarak tergantung jenis kendaraan
  • 4. Lalu dites pengapiannya, dengan cara letakkan ujung kepala busi kemudian distart. Apabila menurut Anda bunga apinya sudah normal berarti sudah cukup baik saat dibersihkan.
  • Membersihkan busi dengan cara merendam busi kedalam cairan bensin dan tidak sambil dibersihkan dengan sikat kawat bisa saja dilakukan. Tetapi lebih baik tidak, karena bisa dipastikan cara tersebut membuat umur busi tidak bertahan lama.

    *dikutip dari berbagai sumber
    ( Tiko Septianto / CN32 )

    Suara Merdeka

    No comments:

    Post a Comment